About Me

My photo
aq a/ anak tunggal. aq dikelilingi banyak orang yang sayank, gila, strezz... sekarang gy melanjutkan kuliah di tingkat 4 dg jurusann Teknik Informatika...

Implementasi Kecerdasan Buatan Dalam Game Othello Dengan Menggunakan J2ME

Wednesday, April 13, 2011.

Sudah lama tidak posting di blog.. kali ini akan membahas tentang salah satu aplikasi mobile yang saya buat.. hm,, aplikasi yang akan dibahas adalah tentang game othello.. yaaa,, semua hampir pernah memainkan game tersebut,, nama bagusnya itu game catur jepang.. nama tenarnya itu reversi.. berhubung tugas kali ini berhubungan dengan multimedia jadi game ini bisa termasuk dengan multimedia..

Didalam game ini terdapat kecerdasan buatan (artificial intelligent) dan game programming untuk membangun sebuah aplikasi game.. kecerdasan buatan adalah suatu bagian dari ilmu komputer yang membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Sementara game programming digunakan untuk membangun suatu game atau dengan kata lain game programming adalah suatu tata cara yang digunakan dalam membangun sebuah permainan. Dari kedua ilmu komputer ini, saya gunakan untuk membangun game othello dengan berbasis J2ME..

Kecerdasan buatan dalam game othello ini terletak pada taktik permainan sehingga user diharuskan berfikir dengan cepat untuk mendapatkan hasil skor yang maksimum.. kecerdasan buatan merupakan studi yang mengupayakan komputer berlaku cerdas. Suatu proses yang menggunakan alat bantu (tools) secara mekanik dapat melaksanakan serangkaian kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan yang seperti dimiliki oleh manusia..

Game programming selain digunakan untuk membangun suatu program aplikasi permainan namun juga dapat digunakan untuk meng-implementasi-kan suatu algoritma kedalam permainan tersebut.. Game programming merupakan prinsip pemrograman keterampilan dan teknik bersama disemua disiplin ilmu pemrograman tapi fokus pada isu-isu spesifik pemrograman permainan.. Game programming menekankan program dalam C++, skrip, DirectX atau Pengembangang OpenGL, arsitektur, mesin game, sistem game, kecerdasan buatan (artificial inteligence), jaringan, dan mengembangkan pendekatan kritis untuk studi gameplay, interaksi dan desain..

Selesai kita membahas tentang game programming dan kecerdasan buatan.. sekarang kita akan membahas tentang J2ME.. apa itu J2ME?!

Java2 Micro Edition (J2ME) merupakan suatu platform dari bahasa pemrograman Java yang digunakan unutk pengembangan enterprise applications dengan menggunakan sejumlah paket besar. Masing-masing edisi berisi Java2 Software Development kit (SDK) yang digunakan unutk mengembangkan aplikasi mobile dan Java2 Runtime Development Kit untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Java2 Micro Edition (J2ME) adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektronik beserta perangkat pendukungnya.. Pada J2ME, jika perangkat lunak berfungsi baik pada sebuah perangkat maka belum tentu juga berfungsi baik pada perangkat lainnya.. J2ME membawa Java ke dunia informasi, komunikasi, dan komputasi selain perangkat komputer desktop yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop.. J2ME bisa digunakan pada telepon selular, pager, personal digital assistans (PDA’s) dan sejenisnya..

J2ME adalah bagian dari J2SE, karena itu tidak semua library yang ada pada J2SE dapat digunakan pada J2ME.. Tetapi J2ME mempunyai beberapa library khusus yang tidak dimiliki J2SE.. Arsitektur J2ME terdiri atas profile, konfigurasi, kumpulan library, JVM dan sistem operasi..

Sebuah profile memberikan library tambahan untuk suatu kelas tertentu pada sebuah perangkat.. profile-profile menyediakan user interface(UI) API, persistence, messaging library, dan sebagainya.. Satu set library tambahan atau package tambahan menyediakan kemampuan program tambahan.. Pemasukan package ini ke dalam perangkat J2ME dapat berubah-ubah karena tergantung pada kemampuan sebuah perangkat.. Sebagai contoh, beberapa perangkat MIDP tidak memiliki Bluetooth built-in, sehingga Bluetooth API tidak disediakan dalam perangkat ini..

Sekarang kita membahas tentang Game Othello atau Reversi atau Catur Jepang..

Othello atau reversi merupakan sebuah permainan yang dimainkan oleh 2 pemain diatas papan berbentuk segi empat dengan 8 baris dan 8 kolom dan sepasang koin yang berbeda warna untuk setiap pemain. Permainan othello diciptakan pada tahun 1883 oleh warna negara Inggris yaitu Lewis Waterman dan John W. Mollet. Nama othello dipilih sebagai referensi Shakespearce yang mengatakan othello itu merupakan “two faced”. Tahun 1970-an seorang warganegara Jepang membuat suatu perlombaan othello yang diikuti hampir seluruh dunia. Sejak adanya perlombaan internasional, maka dibuatlah aturan permainan didalam memainkan othello. Setiap pemain harus memilih koin yang ingin dimainkan, koin yang akan dimainkan terdiri dari 2 warna, hitam dan putih. Didalam othello tidak ditentukan titik awal dari permainan dimana, titik awal permainan bisa di pinggir, samping, atau tengah. Namun terdapat 4 titik yang berada ditengah sebagai penanda bahwa permainan dapat dimulai dititik tengah. Koin putih diletakkan berpotongan dengan koin hitam.


<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

Comentários:

Post a Comment

 
Nanda Pramitha K © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |