About Me

My photo
aq a/ anak tunggal. aq dikelilingi banyak orang yang sayank, gila, strezz... sekarang gy melanjutkan kuliah di tingkat 4 dg jurusann Teknik Informatika...

Komputer Kuantum

Monday, March 7, 2011.
Assalamualaikum...
Saya akan mencoba untuk membahas mengenai komputer kuantum. Mungkin sebagian besar dari kita ada yang mengetahui dan tidak mengetahui apa yang di maksud komputer kuantum. Komputer kuantum itu sebenernya komputer masa depan yang banyak memiliki manfaat dan merupakan bagian dari komputasi modern. Ini adalah contoh dari komputer kuantum.



















Perkembangan komputer saat ini melaju dengan sangat pesat. Gordan Moore, salah satu pendiri Intel bahkan mengatakan, kemampuan prosesor komputer (jumlah transistor dan kecepatannya) akan bertambah dua kali lipat setiap 18 bulan. Hal ini telah berlangsung selama hampir empat dasawarsa. Jika hal ini terus berlanjut, diperkirakan ukuran transistor pada tahun 2030 akan menjadi hanya sebesar atom hidrogen. Dengan ukuran sekecil ini, proses fisika dalam sebuah transistor tidak akan mengikuti hukum-hukum fisika klasik, namun mengikuti hukum fisika kuantum. Hal ini membuka cara baru dalam memandang proses pengolahan informasi sekaligus menciptakan harapan untuk menciptakan sebuah komputer yang kemampuannya melebihi kemampuan yang dapat dicapai komputer sekarang ini.

Komputer-komputer yang ada saat ini sudah mencapai kemampuan yang sangat mengagumkan, akan tetapi komputer yang nantinya layak untuk benar-benar disebut sebagai Komputer Super ini adalah Komputer Kuantum. Komputer kuantum merupakan suatu alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum. Sebuah komputer kuantum tidaklah sama dengan komputer klasik. Hal ini tidak dalam hal kecepatan saja, namun juga dalam hal pemrosesan informasi. Sebuah komputer kuantum dapat mensimulasikan sebuah proses yang tidak dapat dilakukan oleh komputer klasik. Hal ini membuat para ilmuwan harus memiliki paradigma baru dalam hal permrosesan informasi. Sebagai contoh, seorang pemecah kode akan membutuhkan waktu 8 bulan dan 1.600 pengguna internet jika ia akan memecahkan kode RSA yang disandikan dalam 129 digit. Jika hal ini mungkin, pengirim data hanya perlu menambahkan digit pada kode RSA-nya agar para pemecah kode membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk memecahkan kuncinya. Sebagai gambaran, pemecahan kode RSA 140 (140 digit) akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari umur alam semesta (15 miliar tahun). Namun, jika pemecah kode menggunakan komputer kuantum, mereka dapat memecahkan kode RSA 140 hanya dalam waktu beberapa detik. Hal inilah yang membuat waswas para pengguna channel komunikasi rahasia saat ini untuk melakukan pengiriman data secara aman.

Ide mengenai komputer kuantum pertama kali muncul pada tahun 1970-an oleh para fisikawan dan ilmuwan komputer, seperti Charles H. Bennett dari IBM, Paul A. Benioff dari Argonne National Laboratory, Illinois, David Deutsch dari University of Oxford, dan Richard P. Feynman dari California Institute of Technology (Caltech). Feynman merupakan ilmuwan yang pertama kali mengajukan model yang menunjukkan bahwa sebuah sistem kuantum dapat digunakan untuk melakukan komputasi. Lebih jauh, Feynman juga menunjukkan bagaimana sistem tersebut dapat menjadi simulator bagi fisika kuantum. Pada tahun 1985, Deutsch menyadari esensi dari komputasi oleh sebuah komputer kuantum dan menunjukkan bahwa semua proses fisika, secara prinsipil, dapat dimodelkan melalui komputer kuantum. Setelah Deutsch, para ilmuwan pun berlomba untuk mengembangkan komputer kuantum ini. Mereka mulai mencari kemungkinan penggunaan dari sebuah komputer kuantum. Pada tahun 1995, Peter Shor merumuskan sebuah algoritma yang memungkinkan penggunaan komputer kuantum untuk memecahkan masalah faktorisasi dalam teori bilangan.

Kalau kita berbicara tentang komputer kuantum memang tidak ada habisnya karena komputer kuantum merupakan komputer masa depan yang sangat berguna untuk kepentingan orang banyak. Semoga saja di negara kita ada yang mengembangkan mengenai komputer kuantum ini. Sekian pembahasan singkat mengenai komputer kuantum dari saya, mohon maaf bila ada kekurangan...Terima kasih..
Wassalam..

Sumber : http://www.fisikanet.lipi.go.id

1 Comentário:

rini novianti said...

Terima kasih, artikel yang menarik~
Kunjungi :

Website Kami

Post a Comment

 
Nanda Pramitha K © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |